Jelang Ramadhan, Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Pekalongan Mulai Naik

- Senin, 20 Maret 2023 | 20:53 WIB
Forkompinda Kabupaten Pekalongan memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Induk Kajen/polres pekalongan
Forkompinda Kabupaten Pekalongan memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Induk Kajen/polres pekalongan

KAJEN, pekalongan.suaramerdeka.com-Menjelang bulan Ramadhan 1444 H (2023), harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Pekalongan mengalami kenaikan. Di antaranya daging ayam, telur, dan cabe rawit. Kendati demikian stop bahan pangan tersebut masih mencukupi.

Data itu berdasarkan pantauan jajaran Forkopimda Kabupaten Pekalongan di Pasar Induk Kajen belum lama ini.

Bupati Pekalongan Fadia A Rafiq di lokasi pemantauan menyebut saat ini stok bahan kebutuhan pokok masyarakat masih tersedia. Di antaranya Daging, telur, minyak goreng, tepung dan beras sehingga harganya relatif stabil meski ada kenaikan.

“Hanya untuk daging ayam, mengalami kenaikan sekitar tiga ribuan,” katanya.

Baca Juga: Perebutkan Piala Bupati Batang, Puluhan Grub Mengikuti Lomba Drumband

Lebih lanjut, Fadia menuturkan jika harga terus merangkak naik, pihaknya akan mencari solusi bagaimana bahan-bahan yang mengalami kenaikan ini bisa diturunkan, sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam menghadapi bulan puasa.

Kendati demikian Fadia tak gegabah menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga. Dia menyebut akan melakukan pengecekan kepada bakul terlebih dahulu sebelum kebijakan itu diputuskan.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria mengungkapkan kegiatan pemantauan situasi perdagangan pasar untuk memastikan harga dan stok bahan pokok cukup dan tetap stabil saat memasuki bulan Ramadhan.

“Biasanya terjadi kenaikan harga menjelang ramadhan, dan ini diantisipasi betul dengan mengecek secara langsung harga dan stok di pasar,” tuturnya.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Polsek Kesesi Gelar Operasi Cipta Kondisi. Ini Sasarannya

Ia menambahkan, pihaknya akan pantau terus terkait dengan perkembangan harga dan stok kebutuhan pokok menjelang Ramadhan hingga lebaran.

Menurutnya, secara umum, stok dan harga bahan pokok di pasar induk Kajen menjelang ramadhan terpantau stabil, dan terkondisi aman. Tidak ada kelangkaan suatu barang ataupun bahan pokok makanan menjelang bulan ramadhan 1444 H. ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Polres Pekalongan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X