Salaras Inpres Jokowi, Bupati Sumenep Gunakan Mobil Listrik. Ini Mereknya

- Jumat, 16 September 2022 | 23:03 WIB
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (Taufikurrahman)
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (Taufikurrahman)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Sumenep. Presiden Jokowi menerbitkan Inpres No.7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Kebijakan itu bagian dari upaya penghematan bahan bakar minyak (BBM) sekaligus mewujudkan energi bersih yang terbarukan.

Tidak semua daerah siap untuk melaksanakan inpres tersebut karena keterbatasan dan sejumlah kendala. Bahkan Walikota Solo Gibran Rakabumi (anak Presiden Jokowi) juga mengaku belum siap menjalankannya karena ada kendala.

Namun demikian kendala itu tidak berlaku bagi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Lantaran Dirinya tak hanya mendukung tetapi sudah menggunakan mobil listrik sebagai mobil dinas sejak lama.

Dikutip dari laman gesuri.id Bupati Sumenep Achmad Fauzi merupakan satu-satunya kepala daerah di Jatim yang telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, bahkan jauh sebelum inpres ditandatangani.

Baca Juga: Presiden Jokowi Melarang Pembangunan PLTU Batu Bara. Tapi Ada Pengecualian

Bupati berciri khas menggunakan blangkon itu diketahui mengendarai mobil listrik Hyundai Ionic berpelat M 1 VP.

"Ini selaras dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk mencapai zero net emission pada 2060," kata Achmad Fauzi di Sumenep, Jawa Timur.

Fauzi mengaku sejak Presiden Jokowi menekan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dirinya sangat antusias ikut mensosialisasikan agar penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai ini lebih masif

"Sudah satu tahun lebih kami konsisten dalam mendorong era kendaraan listrik serta penggunaannya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X