Industri Otomotif Asal Jepang Mitra Strategis Indonesia. Ini Kontribusinya

- Jumat, 8 Juli 2022 | 21:46 WIB
Indonesia Japan Autoparts Business Forum di Tokyo (gesuri.id)
Indonesia Japan Autoparts Business Forum di Tokyo (gesuri.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Tokyo. Negara Jepang merupakan mitra utama Indonesia dalam industri otomotif di tanah air. Dari kemitraan itu mampu menyerap 1,5 juta tenaga kerja di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam acara Indonesia-Japan Autoparts Business Forum di Tokyo akhir bulan lalu..

"Kerja sama industri otomotif dengan Jepang telah berkontribusi pada penyerapan lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai pasok industri," kata Dubes Heri dalam keterangannya.

Forum bisnis tersebut digelar KBRI Tokyo di Nagoya, Jepang yang diikuti pengusaha otomotif Jepang dan pengusaha Indonesia. Turut hadir dalam forum itu Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca Juga: Satu Juta Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Jalankan Wukuf di Arafah. 51 Orang Asal Indonesia Dibadalwukufkan

KBRI Tokyo dalam kegiatan itu menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan membawa 30 Industri Kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif Indonesia ke Jepang.

Dikutip dari gesuri.id pada Jumat, 8 Juli 2022, Dubes Heri menyebutkan bahwa dengan telah dicanangkannya target substitusi impor sebesar 35 persen oleh Pemerintah Indonesia, IKM komponen otomotif Indonesia tentu berpeluang besar memenuhi kebutuhan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari berbagai pabrikan otomotif Jepang di Indonesia.

Sementara itu, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pidato kuncinya menegaskan promosi IKM menjadi prioritas strategis industri nasional Indonesia.

"Industri kecil dan menengah harus dipromosikan dan dijadikan prioritas strategis dalam rantai pasokan otomotif global. Untuk itu, saya sangat apresiasi upaya proaktif Dubes Heri Akhmadi dalam menyelenggarakan forum bisnis ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X