Dengan Mobil Listrik Rombongan Presiden Jokowi Kunjungi KIT Batang. Ini Spesifikasinya

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:01 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menaiki mobil listrik menuju KITB, Batang, Jateng, Rabu (08/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)  Read more: https://setkab.go.id/kunker-ke-batang-presiden-jokowi-dan-ibu-iriana-jajal-mobil-listrik/
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menaiki mobil listrik menuju KITB, Batang, Jateng, Rabu (08/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev) Read more: https://setkab.go.id/kunker-ke-batang-presiden-jokowi-dan-ibu-iriana-jajal-mobil-listrik/

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi Kawasan Inddustri Terpadu Batang (KITB) pada Rabu, 8 Juni 2022. Terkait mobil yang ditumpanginya dalam kunjungan kali ini nampak berbeda dari biasanya.

Saat keluar dari exit tol Gringsing, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berganti kendaraan dengan menumpang mobil listrik menuju KITB.

Diketahui di KITB Presiden Jokowi meresmikan dimulainya tahapan pembangunan industri listrik terpadu.

Dalam pernyataannya Jokowi menyebut keunggulan mobil listrik yang baru saja ditumpanginya.

“Tadi saya mencoba mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Ternyata sangat halus, enggak ada suaranya,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tahapan Pembangunan Industri Baterai Listrik Terpadu di KIT Batang

Menurutnya, kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya pemerintah yang ingin membangun sebuah ekosistem yang besar. Ekosistem kendaraan listrik tersebut mencakup dari hulu sampai ke hilir.

“Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelternya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk ke litium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya. Setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu recycle baterai listriknya sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan,” ujarnya.

Kendati saat ini mobil listrik masih terbilang mahal, Jokowi meyakini bahwa ke depannya harga mobil listrik akan makin terjangkau seiring dengan berkembangnya teknologi. Apalagi jika mobilnya dari hulu sampai ke hilir diproduksi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X