Penjualan Mobil Listrik di China Melonjak 45 Persen, Merek Ini yang Terlaris

- Kamis, 12 Mei 2022 | 14:50 WIB
Penjualan mobil listrik di China  sepanjang 2022 laris manis. /Reuters/Aly Song
Penjualan mobil listrik di China sepanjang 2022 laris manis. /Reuters/Aly Song

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-China. Penjualan mobil listrik atau electric vehicle (EV) di China alami peningkatan. Hingga bulan April 2022, peningkatan mobil listrik meningkat hingga 45 persen atau dua kali lipat dibandingkan tahun 2021.

Salah satu merek yang paling laris di pasaran yakni mobil keluaran BYD. Merek ini paling disukai konsumen di antara merek-merek kendaraan listrik tersebut lainnya. Bahkan merek BYD alami lonjakan penjualan hingga 164 persen, termasuk bulan April 2022.

Selain itu produsen mobil Listrik diketahui BYD merupakan perusahaan yang juga menyuplai baterai EV kepada 32 persen dari semua baterai yang dipasang di kendaraan listrik pada April.

Perusahaan ini mejadi penyuplai baterai di urutan kedua mengikuti CATL, yang menyumbang 38 persen baterai kendaraan listrik di China.

Baca Juga: China Ijinkan Beroperasinya Taksi Otonom atau Robotaxis di Beijing

Tak ayal kondisi tersebut menjadikan saham BYD naik. Data yang dihimpun China Automotive and Battery Innovation Alliance menunjukkan bahwa saham BYD naik 8,3 persen, sementara CATL naik 8 persen.

Di sisi lain, penjualan kendaraan konvensional di China anjlok hingga 48 persen pada April 2022. Kendati situasi itu diawali oleh dampak Lockdown selama hampir satu tahun di China, namun kehadiran mobil listrik turut memperburuk penjualan mobil konnvensional.

Peningkatan penjualan mobil litrik di China tak lepas dari kebijakan negara tersebut yang gencar mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Baca Juga: Terungkap Misi Bos Tesla Elon Musk Setelah Jadi Pemilik Tunggal Twitter

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X