Penjualan Mobil di Indonesia : Inova Jadi Juara, yang Lain Bagaimana?

- Jumat, 15 April 2022 | 16:24 WIB
IIMS 2022 - Suasana di booth Toyota (NaraTimes/Ibnu Haldun)
IIMS 2022 - Suasana di booth Toyota (NaraTimes/Ibnu Haldun)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Selama Maret 2022, mobil Inova menjadi primadona konsumen Indonesia. Nampaknya mobil legenda yang identik dengan mobil keluarga itu kembali merajai penjualan mobil. Dari seluruh penjualan mobil di Indonesia, Inova menduduki peringkat pertama. Kemudian disusul mobil Avanza peringkat kedua dan All New Honda BR-V di peringkat ketiga. Hal itu berdasarkan data penjualan mobil yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Baca Juga: Hanya 53 Bus AKAP di Pulo Gadung yang Laik Jalan Buat Mudik, Lainnya Tidak

Secara lengkap rilis tersebut menyajikan data 10 mobil terlaris Indonesia pada Maret 2022. Bersumber dari situs resmi Gaikindo yang dikutip Jumat, 15 April 2022 berikut ini daftar 10 besar mobil terlaris sepanjang Maret 2022.

Toyota Kijang Innova 6.301 unit
Toyota Avanza 6.085 unit
All New Honda BR-V 4.865 unit
Toyota Rush 4.591 unit
Honda Brio 4.283 unit
Daihatsu Terios 3.741 unit
Toyota Calya 3.521 unit
Mitsubishi Xpander 3.320 unit
Toyota Veloz 3.224 unit
Toyota Raize 2.907 unit

Data di atas menunjukkan pada Maret 2022, penjualan mobil terlaris di Indonesia dipegang oleh Toyota Kijang Innova. Angka penjualan mobil keluarga itu meninggalkan Toyota Avanza yang menjadi runner up. Dan Penjualan Inova itu semakin meninggalkan jauh Honda BR-V yang ada di posisi ketiga.

Dikutip dari Pikiran Rakyat.com yang berjudul 10 Mobil Terlaris di Indonesia: Avanza, Xpander, dan Brio Tak jadi Yang Terlaris, dari data tersebut nampak terjadi perubahan minat konsumen terhadap jenis mobil. Konsumen yang waktu lalu mengidolakan avanza, bulan ini beralih ke Inova. Dampaknya Toyota Avanza tak menjadi mobil favorit meski masih runner up. Sedangkan Honda Brio, ataupun Mitsubishi Xpander tak memiliki angka penjualan paling banyak seperti bulan-bulan sebelumnya.

Baca Juga: Chip adalah Ruhnya Mobil Moderen, Dampak Kelangkaan Chip Membuat Produsen Pangkas Produksi Mobil 1 Juta Unit

Selanjutnya Honda Brio berada di posisi kelima mobil terlaris Indonesia Maret 2022. Sedangkan Xpander lebih miris lagi karena harus duduki posisi ke-8. Adapun peringkat juru kunci didduduki Toyota Raize.***

(Alza Ahdira/pikiran-rakyat.com)

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X