Hanya 53 Bus AKAP di Pulo Gadung yang Laik Jalan Buat Mudik, Lainnya Tidak

- Jumat, 15 April 2022 | 15:17 WIB
 Foto ilustrasi terminal bus
Foto ilustrasi terminal bus

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Mudik lebaran 2022 merupakan yang pertama kali yang akan dilakukan masyarakat Indonesia sejak pandemi Covid 19. Banyak persiapan yang dilakukan Kementerian Perhubungan untuk memastikan kendaraan umum yang ditumpangi pemudik aman dan menjamin keselamatan penumpangnya.

Baru-baru ini petugas di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur melakukan inspeksi kelaikan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Inspeksi tersebut atau ramp check digelar sejak 1 April 2022 hingga 13 April 2022. Hasilnya Dari 98 bus yang diperiksa ditemukan 45 bus tidak layak jalan sedangkan AKAP yang laik jalan 53 bus.

Hal itu diungkapkan Kepala Terminal Pulo Gebang Bernad Pasaribu di Jakarta, Jumat, 15 April 2022.

Baca Juga: Di Ajang IIMS 2022, Inova Jadi Andalan Toyota Kantongi Pemesanan

Lebih lanjut dia menyampaikan runtutan proses inspeksi keselamatan (ramp check) rutin yang dilakukan sejak 1 April 2022. Pada pemeriksaan pertama yakni 1 April 2022, pihaknya menemukan puluhan bus dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) tidak layak jalan.

"Pada ramp check Senin, 11 April dari 10 bus yang diperiksa ditemukan dua bus tidak layak jalan, sementara pada ramp check Selasa, 12 april dari 11 bus diperiksa ditemukan tujuh tidak layak jalan," ujar Bernad Pasaribu .

Kemudian, Bernad menambahkan pada ramp check yang dilakukan Rabu, 13 April 2022, pihaknya memeriksa 13 bus, hasilnya 10 bus dinyatakan tidak layak jalan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com bersumber Antara yang berjudul Jelang Mudik Lebaran 2022, Puluhan Bus AKAP di Terminal Pulo Gebang Ditemukan Tidak Layak Jalan, ketidaklaikan bus disebabkan beberapa hal.

Bernad menjelaskan beberapa penyebab ketidaklaikan bus di antaranya karena menggunakan ban vulkanisir, kaca pecah dan pintu darurat terhalang kursi. Kemudian, ban belakang sobek dan sabuk pengaman tidak berfungsi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X