Peluncuran Ekosistem Kendaraan Listrik, 2 Juta Unit akan Penuhi Jalan pada 2025

- Rabu, 23 Februari 2022 | 15:26 WIB
Presiden Jokowi Luncurkan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik /Foto: Twitter/ @jokowi
Presiden Jokowi Luncurkan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik /Foto: Twitter/ @jokowi

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Jokowi meyakini bahwa Indonesia siap menjadi pasar penjualan kendaraan listri. Lebih dari itu Jokowi juga optimis, Indonesia juga siap menjadi produsen kendaraan yang akan memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun untuk ekspor ke luar negari.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menyaksikan acara peluncuran ekosistem kendaraan listrik di SPBU Pertamina Jalan MT Haryono, Jakarta Sekatan pada Selasa, 22 Februari 2022.

Baca Juga: Video Viral Anak Jualan Kerupuk Pandangi Orang Bermain HP, Ajak Kita Makin Bersyukur dan Saling Berbagi

Dalam acara itu, Jokowi juga sempat melihat proses pergantian baterai motor listrik yang dipakai untuk peragaan.

Peluncuran ekosistem kendaraan listrik tersebut, turut hadir juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com bersumber situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada Rabu, 23 Februari 2022 yang berjudul Jokowi: Indonesia Siap Jadi Pasar Kendaraan Listrik, Baik Impor atau Ekspor, Presiden Jokowi sempat meninjau proses penukaran baterai dari sebuah motor listrik.

Ia tertarik setelah melihat proses tersebut mengingat proses pergantian baterai motor listrik tak memakan waktu yang lama.

"Saya kira proses manajemen seperti ini yang diinginkan oleh pemakai-pemakai kendaraan. Itu akan menarik minat semua orang untuk masuk pada kendaraan listrik karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi," katanya menjelaskan.

Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi pun yakin bahwa Indonesia sudah siap melakukan transisi peralihan energi menuju penggunaan mobil dan motor listrik.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X