Tim Putri Indonesia Taklukan Spanyol di Olimpiade Catur di India

- Senin, 8 Agustus 2022 | 21:01 WIB
tim catur putri Indonesia berhasil taklukan spanyol dalam olimpiade Catur di India / rri.co.id
tim catur putri Indonesia berhasil taklukan spanyol dalam olimpiade Catur di India / rri.co.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-India. Olimpiade Catur dunia ke-44 saat ini digelar di Chennai, India. Indonesia negara yang mengirimkan kontingen ke perhelatan itu yang terdiri atas tim putra dan tim putri.

Pada babak sembilan Olimpiade Catur ke-44 pada Minggu 7 Agustus 2022, Tim catur putri Indonesia mengukir prestasi yang mengejutkan.

Empat pecatur putri terbaik ini berhasil melibas tim Spanyol dengan skor 2,5-1,5 di babak sembilan. Padahal tim putri Negeri Matador berada pada level 13 besar dunia, atau 19 level lebih tinggi dari Indonesia.

Baca Juga: Dana Donasi Boeing yang Diselewengkan ACT Capai Rp 107 Miliar. Ini Rinciannya

Hal itu disampaikan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melalui keterangan tertulis dikutip dari laman rri.co.id Senin 8 Agustus 2022.

Diketahui tim putri itu dimotori Master Internasional (MI) Irene Kharisma Sukandar, MI Medina Wardah Aulia, Woman International Master (WIM) Anastasia Citra Dewi, dan Mariroh Fariha.

Pada babak sebelumnya, di babak 8, tim putri Indonesia sudah menekuk Tim Serbia dengan skor 2,5 - 1,5. Dua kali kejutan itu membawa tim catur putri Indonesia melenggang ke posisi makin bergengsi yakni peringkat sembilan besar dunia. Ini pencapaian yang luar biasa, dengan tersisa dua babak yang harus dilakoni tim putri.

Laporan Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), dari Chennai, India, menyebutkan pertandingan dua babak terakhir ini menjadi pertandingan terberat tim putri Indonesia. Apakah akan turun peringkat atau semakin melejit, sangat tergantung dari konsistensi penampilan tim putri.

"Memang sangatlah berat," kata Kristianus Liem yang juga seorang analisis catur.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X