Tim Papua Berhasil Merebut 7 Emas Cabor Catur Standar Peparnas

- Jumat, 12 November 2021 | 08:44 WIB
Cabor rCatur Peparnas Papua (RRI)
Cabor rCatur Peparnas Papua (RRI)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Papua. Tim Papua berhasil merebut 7 medali emas pada pertandingan catur pada Peparnas. Oleh karena itu tim catur tuan rumah Papua sukses mempertahankan posisi atas daftar peraih medali cabang olahraga para catur Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021. Tim Papua itu merebut 7 medali emas pada catur standar yang berakhir Kamis (11/11/2021) di Ballroom Hotel Sahid Jayapura.

Ketujuh medali emas bagi Papua masing-masing direbut untuk nomor perorangan dan beregu catur standar katagori Tuna Runggu Wicara (TRW) putra, tuna daksa perorangan dan beregu putri, perorangan dan beregu tuna netra katagori B 2/3 serta tuna netra beregu B 2/3.

Untuk katagori TRW putra pecatur Papua bergelar GM, Cerdas Baru meraih medali emas dengan mengumpulkan 5,5 MP menyusul kemenangan atas rekan sedaerah Zulkhairi dibabak 6. Hasil ini membuat Zulkhairi harus puas mendapat perak dengan 5 MP dan perungu direbut pecatur Jawa Timur Muhlis dengan 4,5 MP. Hasil itu juga menempatkan Cerdas Barus dan Zulkhairi menempati peringkat pertama katagori beregu sekaligus berhak atas medali emas.

“Cerdas Barus yang memiliki pengalaman bertanding internasional sudah pasti sulit dibendung termasuk oleh pecatur tuan rumah lainnya Zulkhairi untuk perebutan medali emas catur standar, “ ungkap MI Dede Liu yang menjadi wasit para catur Peparnas XVI.

Dede Liu melihat peluang tuan rumah Papua untuk bisa menempatkan posisi sebagai juara umum sangat terbuka lebar karena selain Cerdas Barus dan Zulkhairi, tim catur bumi cendrawasih ini juga memilii pecatur handal dikatagori lainnya.

Namun pada katagori TRW Putri, pecatur Sumatera Utara Catrina Dewi Haloho kembali mampu mencuri medali emas setelah finis posisi atas mengumpulkan 4,5 MP diikuti pecatur Aceh Fatmawati meraih perak usai meraih 3,5 MP dan perunggu untuk pecatur Bangka Belitung Mira Permata Sari.

Raihan medali emas Papua antara lain pada katagori tuna netra B 2/3 lewat Iko Penantu Nate dengan 5 MP termasuk juga dinomor beregu bersama Karina Kartika Sari. Kemudian Lilis Hernia Yulia untuk katagori catur standar tuna daksa putri.***

(Pewarta: Adi Wiyono/RRI/KBRN)

 

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: RRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X