Walikota Surabaya Berlakukan Denda bagi Petugas Rumah Sakit yang Telat Layani Pasien

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:00 WIB
Eri Cahyadi Ngamuk saat Sidak Dadakan di RSUD dr Soewandhie Surabaya, Ternyata Ini Sebabnya (Tangkapan layar Pemkot Surabaya)
Eri Cahyadi Ngamuk saat Sidak Dadakan di RSUD dr Soewandhie Surabaya, Ternyata Ini Sebabnya (Tangkapan layar Pemkot Surabaya)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Surabaya. Perilaku korupsi bukan hanya dalam bentuk uang, melainkan juga waktu. Pemahaman itu menjadi dorongan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerapkan sistem layanan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Eri mengungkapkan saat ini Pemkot akan menerapkan sistem jam pelayanan berbasis batas waktu yang efektif dan efesien.

Baca Juga: Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatur Lalu Lintas yang Macet Akibat Genangan Air

Eri lantas menyebut penerapan sistem pelayanan di RSUD Dr. Soewandhie, RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH), dan puskesmas yang mulai pekan depan akan tertempel pelayanan yang sesuai dengan pelayanan jam yang tertera di ruang tunggu.

Pedoman waktu pada fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemkot Surabaya, misalnya, untuk pengambilan obat racikan, diatur batas maksimal pelayanan 40 menit. Sementara itu, untuk pengambilan obat bukan racikan, maksimal 15—20 menit. Pedoman batas waktu ini akan ditempel di masing-masing layanan kesehatan.

"Jika ada keterlambatan, pasien diberikan Rp50 ribu sebagai denda dari teman-teman rumah sakit. Jadi, kalau telat 1 jam, bayar Rp50 ribu. Bila telat 2 jam, dikumulatifkan kompensasi Rp200 ribu," kata Cak Eri.

Baca Juga: Mantan Kepala SMK Swasta di Sleman Jadi Tersangka Korupsi BOS. Begini Modusnya

Paparan itu disampaikan Eri di sela-sela acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Balai Pemuda Surabaya, Kamis 1 Desember 2022.

Makanya, pada momen ini dia mengingatkan kembali kepada jajarannya di lingkungan pemkot setempat agar selalu tepat waktu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X