Resmikan Asrama Mahasiswa Nusantara, Presiden Jokowi Ungkap Pengusulnya

- Selasa, 29 November 2022 | 20:21 WIB
Presiden Jokowi meninjau kegiatan kewirausahaan di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, Selasa 29 November 2022 (Laily Rachev, Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi meninjau kegiatan kewirausahaan di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, Selasa 29 November 2022 (Laily Rachev, Biro Pers Setpres)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Surabaya. Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa 29 NOvember 2022 siang. Peresmian itu diawali dengan penekanan tombol oleh Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Plt Gubernur Jatim Emil Dardak.

Sebagai informasi AMN itu berlokasi di Desa Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Saat ini dihuni oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Baca Juga: Sembari Cek Inflasi, Presiden Jokowi Serahkan Bantuan di Pasar Kemuning

Menurut Presiden Jokowi, jumlah penghuni asrama tersebut sebanyak 410 mahasiswa.

“Di sini ada 410 mahasiswa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, 40 persen dari tanah Papua,” ujar Presiden Jokowi.

Pada acara itu Presiden Jokowi menceritakan, pembangunan AMN bermula dari usulan 61 tokoh Papua dan Papua Barat saat datang ke Istana Negara, Jakarta pada tahun 2019 silam. Dalam pertemuan tersebut juga dikemukan mengenai banyaknya peristiwa gesekan antarmahasiswa.

“Oleh sebab itu, saat ada usulan itu, langsung saya sampaikan, saya setujui. Kita akan bangun Asrama Mahasiswa Nusantara di provinsi-provinsi, di kota-kota yang memang membutuhkan,” ujarnya.

Baca Juga: Penuhi Aspirasi Warga, Presiden Jokowi Akan Bangun Dayak Center di IKN

Presiden Jokowi berharap, keberadaan AMN dapat menjadi sarana para mahasiswa dapat saling mengenal kebudayaan masing-masing sekaligus menciptakan kerukunan antarmahasiswa yang berasal dari berbagai daerah tersebut.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X