Penuhi Aspirasi Warga, Presiden Jokowi Akan Bangun Dayak Center di IKN

- Selasa, 29 November 2022 | 19:43 WIB
Presiden Jokowi di acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR)/setkab
Presiden Jokowi di acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR)/setkab

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Pontianak. Presiden Jokowi memastikan di di sekitar wilayah IKN akan dibangun Dayak Center untuk memenuhi permintaan masyarakat suku Dayak. Adapun lokasinya akan segera ditentukan dalam waktu dekat.

“Nanti juga atas permintaan dari suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya,” ucap Presiden Jokowi.

Hal itu diungkapkan usai Presiden Jokowi membuka secara resmi Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) pada Selasa 29 November 2022 pagi. Kegiatan yang berlangsung di Rumah Radakng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat itu merupakan agenda Temu Akbar Pasukan Merah masyarakat Dayak.

Baca Juga: Bambang Susantono Ungkap Penyebab Kenaikan Peminat Investasi di IKN

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi menegaskan bahwa keberagaman suku yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kekuatan besar bagi Indonesia.

“Perbedaan itu bukan memecah belah, perbedaan itu adalah kekuatan, perbedaan itu bukan melemahkan, tetapi adalah menguatkan. Jadi jangan sampai karena kita berbeda suku, berbeda subsuku, menjadi kelihatan pecah belah. Justru karena kita berbeda-beda itulah menjadi sebuah kekuatan besar,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan, suku yang ada di Indonesia mencapai 714 suku, termasuk suku Dayak yang memiliki 406 subsuku. Kepala Negara pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara budaya daerahnya masing-masing.

“Jangan dilupakan mengenai budaya, mengenai kebudayaan, jangan dilupakan. Kita harus bersama-sama merawat, bersama-sama menjaga, bersama-sama memelihara agar budaya kita ini tetap terawat dengan baik,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pembangunan Fisik Besar-besar di IKN Dimulai Awal Tahun 2023

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X