Tenun Sidan dan Sungkit Asal Kapuas Hulu Gunakan Pewarna Alami. Ini Bahannya

- Rabu, 28 September 2022 | 22:59 WIB
pembuatan kain tenun di Kapuas Hulu / gesuri.id
pembuatan kain tenun di Kapuas Hulu / gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kapuas Hulu. Berbagai daerah di Indonesia masih memiliki sentra kerajinan tenun manual. Salah satunya di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Produk kerajinan tenun dari Kapuas Hulu boleh dibilang istimewa. Pasalnya pewarna yang digunakan masih alami yakni berasal dari daun kratom.  Produk tenun yang mashur dari Kapuas Hulu yakni Tenun Sidan dan Tenun Sungkit. Keistimewaannya produk tenun tersebut tidak memakai pewarna kimia.

Hal itu diungkapkan Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco di Putussibau Kapuas Hulu belum lama ini.

Baca Juga: Optimalkan Pekarangan, 4 Kelompok Warga di Pekalongan Kembangkan Hidroponik

"Tenun Sidan dan Sungkit sudah lama dikembangkan dan itu terbuat dari pewarna alami tumbuhan di Kapuas Hulu seperti daun kratom dan daun bunggur," kata Angeline Fremalco.

Lebih lanjut Angeline menuturkan salah satu sentra pengembangan Kain Tenun Sidan dan Sungkit yaitu Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, yang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Dia mengatakan dalam berbagai kesempatan pameran kain tenun asal Kapuas Hulu selalu ditampilkan dan memiliki daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung pameran yang menyatakan kekaguman akan estetika tenun sidan dan tenun sungkit.

Tak heran jika baru-baru ini Tenun Sidan karya Yuliana Kinut dan Tenun Sungkit karya Yunita Marta meraih produk unggulan berpotensi yang diberikan Dekranas. Pemberian kategori itu dilakukan dalam Pameran Kerajinan Nusantara 21- 25 September 2022, yang dibuka Ibu Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, di Jakarta.

Atas prestasi itu, kata Angeline, Dekranasda Kapuas Hulu bersama Bupati Kapuas Hulu berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi kain tenun Kapuas Hulu.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X