Kampung di Desa Tanjung Burung Direndam Banjir, Ribuan Warga Terdampak

- Sabtu, 17 September 2022 | 21:55 WIB
Ilustrasi banjir.  di tanjung burung Kabupaten Tangerang / pixabay
Ilustrasi banjir. di tanjung burung Kabupaten Tangerang / pixabay

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Tangerang. Tujuh kampung di di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang direndam banjir pada Sabtu, 17 September 2022. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisadane. Ribuan warga terdampak oleh banjir tersebut.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, total ada 733 rumah dari 837 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Adapun jumlah warga yang terdampak sebanyak 2.587 jiwa.

Baca Juga: PDI Perjuangan Pemalang Telah Menggelar Lomba SICITA. Ini Juaranya

Dikutip dari laman rri.co.id munculnya air banjir secara spontan tak terduga. Sebelumnya tidak diawali guyuran hujan, tetapi tiba-tiba air sungai Cisadane meluap dan merendam kampung.

"Jadi air tiba-tiba muncul di perkampungan, padahal di wilayah itu tidak ada hujan tetapi air mengalir deras," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir.

Menurut Munir, ketinggian air dari banjir hamir mencapat semeter, yakni antara 30 hingga 80 sentimeter. Pihaknya sudah menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang menjadi korban.

"Yang paling dalam itu di Kampung Beting dengan sebanyak tiga RT. Kita dibantu satu perahu dari Koramil Teluk Naga," ujarnya.

Baca Juga: Kemensos Dapat Tambahan Anggaran Rp 400 Miliar. Ini Peruntukkannya

Menurutnya, banjir ini membuat aktivitas masyarakat setempat terganggu. "Saat ini terjadi kendala karena air tergenang di fasilitas umum seperti jalan dan rumah warga," ucapnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X