Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Antar Dua Pulau di Maluku. Ini Dimensinya

- Rabu, 14 September 2022 | 21:43 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau Jembatan Gantung Wear Fair, di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, pada Rabu (14/09/2022).  ((Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr))
Presiden Jokowi saat meninjau Jembatan Gantung Wear Fair, di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, pada Rabu (14/09/2022). ((Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr))

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Maluku Tenggara. Sejak 2014 hingga saat ini, pemerintah pusat telah membangun sekira 200 jembatan gantung di berbagai pelosok di Indonesia. Jembatan itu bertujuan menyambungkan konektivitas antar desa maupun wilayah yang dipisahkan sungai, jurang, maupun perairan laut.

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Rabu 14 September 2022.

Diketahui jembatan gantung tersebut menghubungkan antar pulau di Maluku Tenggara. Saat meresmikan jembatan itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD: BIN Telah Kantongi Identitas Hacker Bjorka

Menurut Presiden Jokowi, pembangunan jembatan penting untuk mempercepat mobilitas orang dan barang.

“Jembatan Wear Fair ini penting sekali dalam rangka mobilitas orang maupun mobilitas barang,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menuturkan bahwa peresmian jembatan yang menghubungkan dua pulau kecil, Pulau Fair dan Pulau Kei Kecil, tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur secara merata hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. Bahkan, dalam satu tahun pemerintah membangun sekitar 200 jembatan serupa sebagai akses konektivitas warga, baik antarkecamatan, antardesa, maupun antarpulau.

“Yang kita bangun itu bukan hanya jalan tol yang gede-gede, atau pelabuhan yang gede-gede, atau airport yang gede-gede, tapi jembatan antardesa, jembatan antarpulau yang seperti ini juga ini setahun kita bangun kurang lebih 200-an jembatan gantung seperti ini antardesa, antarkecamatan, antarpulau yang kecil-kecil,” ungkap Jokowi.

Baca Juga: Nama Para Ajudan Ferdy Sambo Dipinjam Putri untuk Buka Rekening. Ini Tujuannya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X