Banjir Rendam Pemukiman di Sigi. Mensos Risma Salurkan Bantuan Rp 878 Juta

- Rabu, 7 September 2022 | 21:00 WIB
Mensos Risma kunjungi warga terdampak banjir di Sigi / gesuri.id
Mensos Risma kunjungi warga terdampak banjir di Sigi / gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Sigi. Banjir merendam sebuah pemukiman warga di Kecamatan Pakuli, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Menyikapi bencana tersebut Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini segera mengunjungi korban terdampak banjir pada Rabu 7 September 2022 di lokasi pengungsian.

Baca Juga: Ulama Perempuan Akan Menggelar Kongres di Jateng, Terungkap Tujuannya

Dalam kunjungan tersebut, Mensos Risma menyalurkan bantuan dengan total nilai Rp878 juta kepada Pemerintah Kabupaten Sigi untuk digunakan sebagai dana kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana.

"Dana itu untuk digunakan membangun lumbung karena diperkirakan ini akan sampai Januari atau Februari paling berat itu pada November nanti sehingga kalau ada akses yang putus disini masih bisa bertahan memiliki stok logistik dengan mandiri," ujar Risma.

Menurut Risma, untuk mencegah terjadinya banjir di tempat itu maka diperlukan pengelolaan air yang tepat.

"Memang biasanya yang berat itu saat tinggal di lembah dan lereng sehingga harus ada rencana khusus dalam pengelolaan air agar tidak masuk ke pemukiman penduduk," kata Tri Rismaharini di Sigi.

Baca Juga: Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Pertandingan Grup F Piala APC U 20

Lebih jauh Risma menjelaskan pada prinsipnya pengelolaan aliran sungai itu harus dimulai dari bagian hulu yang kemudian beriringan dengan penataan pada bagian bawah atau hilir.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X