Masyarakat Dayak di Kalbar Gelar Gawai Ngudu’a Tampun Juah 2022

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:27 WIB
Masyarakat Dayak Gawai Ngudu’a Tampun Juah/gesuri.id
Masyarakat Dayak Gawai Ngudu’a Tampun Juah/gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Sanggau. Anggota Komisi I DPR RI dapil Kalbar II Krisantus Kurniawan menilai masyarakat Dayak masih perlu dipacu agar bisa maju. Pasalnya kemauan mereka untuk merantau atau mencari pengalaman baru masih terbilang minim.

“Saya perlu sampaikan kita orang Dayak di jakarta masih bisa dihitung dengan jari, jadi belum bisa kita mengatakan bahwa kita itu hebat, jadi suku Dayak di Jakarta kita tahu bahwa kita masih urutan belakang, kita belum terdepan,” ujar Krisantus saat menghadiri agenda Gawai Ngudu’a Tampun Juah tahun 2022 dikutip dari laman gesuri.id pada Rabu 17 Agustus 2022.

Diinformasikan kegiatan yang “Bangkit dan Pulih demi Kedaulatan Masyarakat Adat” itu berlangsung selama 3 hari dari Jumat 12 Agutus- Minggu 14 Agustus 2022.

Baca Juga: Budaya Gawai Adat Dayak di Kapuas Hulu Hadirkan Banyak Wisatawan

Agenda tersebut digelar di Dusun Tembawang Tampun Juah dan Lapangan Rumah Adat Menua Asal Tampun Juah, Kampung Segumon, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Diketahui, keberadaan Tampun Juah merupakan lambang persatuan dan solidaritas, maka salah satu upaya untuk terus merevitalisasi Tampun Juah sebagai salah satu situs budaya dan pusat sejarah Suku Bangsa Dayak.

Sehingga gelaran gawai tahun ini juga sebagai proses revitalisasi Tampun Juah melalui Pemberdayaan Holistik perlahan menuju peralihan/transisi oleh Laja Lolang Basua’ (LLB) organisasi kemasyarakatan yang dibentuk Masyarakat Adat Komunitas Tampun Juah.

Gawai Serumpun Tampun Juah (GSTJ) merupakan wadah masyarakat adat Komunitas Tampun Juah menghimpun dukungan Tampun Juah sebagai situs sejarah dan budaya, di antaranya untuk membangun Rumah Adat Menua Asal Tampun Juah.

Secara historis, lanjut Krisantus, setelah reformasilah ada orang-orang Dayak sebagai keterwakilan Dayak di pusat yang bisa menyuarakan kehendak warga Dayak.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X