Mantan Narapidana Terorisme Jadi Pemimpin Upacara HUT RI Ke 77

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:19 WIB
ara Mantan Napiter lagsung menjadi pemimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di Ponpes Tasikmalaya (Foto; PMJ/Polri TV).
ara Mantan Napiter lagsung menjadi pemimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di Ponpes Tasikmalaya (Foto; PMJ/Polri TV).

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Tasikmalaya. Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77 merupakan momen penting yang diperingati oleh semua kalangan. Tak terkecuali mantan narapidana teroris (napiter).

Nampak ratusan napiter mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun di Pondok Pesantren (Ponpes) Hamalatul Quran, Tasikmalaya, Jawa Barat Rabu 17 Agustus 2022. Tidak hanya menjadi peserta upacara saja, para napiter itu juga dipercaya untuk menjadi petugas upacara.

Diinformasikan kegiatan itu diinisiasi dan digelar oleh Densus 88. Selain itu upacara tersebut juga diikuti anggota TNI, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Baca Juga: Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana, Dihadiri Megawati

Bertindak sebagai inspektur upacara Kombes Pol Kurnia Wijaya yang merupakan Kasubdit Sosial Idensos Densus 88 Anti Teror Polri.

Sedangkan pemimpin upacara dilakoni oleh Anton Hilman yang merupakan mantan narapidana teroris.

Adapun pengibaran bendera dipercayakan kepada Anton, Gilang Ramaddan, dan Aji Firdaus. Mereka merupakan mantan napiter yang resmi sudah bebas dari jerat hukuman yang telah dijalaninya dan telah berikrar sepenuh hati untuk NKRI.

Dikutip dari laman PMJ News, Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Irjen Pol Marthinus Hukom, pihaknya terus berupaya untuk memutus mata rantai dari radikalisasi dengan para teroris. Ia juga selalu berpesan kepada seluruh anggotanya untuk membawa para mantan napiter untuk bena-benar kembali ke masyarakat dan diterima oleh warga.

“Kita putus mata rantai ini. Ketika Mereka pulang, kita harus kembalikan ke masyarakat. Jangan kembali ke teman-teman (Teroris) mereka, jangan sampai terulang lagi kejahatan yang sama. Itu saya minta ke anggota saya semua, bawalah mereka pulang ke masyarakat. Sebelum mereka pulang, kondisikan mereka pulang dengan baik. Agar masyarakat menerima mereka,” jelas Marthinus Hukom.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X