Garuda Turunkan 7 Ton Bagasi Milik Jemaah Haji Papua di Madinah. Ini Penyebabnya

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:15 WIB
 jemaah haji yang tiba di tanah air (Foto: Dok. Net) (Beritabulukumba.com).
jemaah haji yang tiba di tanah air (Foto: Dok. Net) (Beritabulukumba.com).

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Makassar. Tiga Palet yang setara 7 Ton bagasi jamaah haji Indonesia asal Papua diturunkan di Madinah dikarenakan cuaca ekstrim. Jemaah haji itu tergabung dalam Kloter 15 UPG.

Perwakilan Garuda Indonesia Jumhaera, menuturkan penurunan bagasi tersebut akibat cuaca ekstem untuk keselamatan penerbangan. Dipastikan Garuda Indonesia, kata Jumhaera akan mengirimkan barang di bagasi kloter 15 melalui penerbangan Kloter 16 UPG yang akan diterbangkan pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Baca Juga: Terbaru : Jumlah Jemaah Haji yang Sudah Pulang dan Jemaah Meninggal

Selanjutnya, lanjut Jumhaera, pihaknya didampingi Petugas Asrama Haji Embarkasi Sudiang, Makassar haji akan mendistribusikannya ke jemaah haji yang bersangkutan.

Hal itu diungkapkan Jumhaera rapat darurat bersama Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam, H Musa Narwawan MM, PPIH Provinsi Papua dan Ground Handling PT. Gapura Angkasa.

“Ini semua faktor alam. Dengan kondisi cuaca yang sangat panas di sana, ini yang menurunkan kemampuan pesawat yang tadinya mampu menerbangkan secara maksimal muatan menuju Indonesia, namun karena temperatur di bandara mencapai 46 derajat celcius, sehingga (pesawat) hanya dapat menerbangkan separuhnya,” jelas Jumhaera.

Selanjutnya, Jumhaera juga menjelaskan bahwa kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi dalam pemulangan jamaah haji Indonesia, dikarenakan kejadian serupa terjadi juga pada kloter sebelumnya, yakni pada jamaah haji kloter 3 BIM (Bima).

Baca Juga: Ikuti Mandatori Arab Saudi, Ini Jumlah Jamaah Haji Indonesia yang Berangkat pada 2022

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ikbal Ismail, Ground Handling PT. Gapura Angkasa mewakili Manajemen Garuda Indonesia, H. Jumhaera, Sub Koordinator Seksi PHR, Dian Nurlina, serta Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama se-Provinsi Papua. ***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X