Ribuan Mahasiswa dari 73 Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia Mengikuti KKN Kebangsaan

- Minggu, 17 Juli 2022 | 21:05 WIB
Mahasiswa mengikuti KKN Kabangsaan di Kalimantan Tengah/ gesuri.id
Mahasiswa mengikuti KKN Kabangsaan di Kalimantan Tengah/ gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Palangkaraya. Sebanyak 2.331 mahasiswa dari berbagai daerah mengikutii Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan di Kalimantan Tengah. Mereka berasal dari 73 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Selama KKN, para mahasiswa itu akan ditempatkan di 100 desa di seluruh wilayah di Kalteng.

KKN Kebangsaan tahun 2022 ini merupakan yang ke-10 dan dibuka oleh Presiden RI kelima Megawati Sukarnoputri. Pembukaan KKN Kebangsaan dipusatkan Universitas Palangkaraya Kalimantan Tengah pada Minggu, 17 Juli 2022.

Pada hari yang sama peserta KKN Kebangsaan mendapat pembekalan dengan Tema “Geopolitik Bung Karno dalam Merajut Kebhinekaan”.

Baca Juga: Hasto : Sumatera Barat Merupakan Pintu Gerbang Kemajuan Indonesia

Materi pembekalan disampaikan oleh Politisi Hasto Kristiyanto yang notabene Doktor Ilmu Pertahanan dari Iniversitas Pertahanan.

Dalam paparannya dia menegaskan Indonesia harus membangun kepemimpinannya di dunia dengan menempatkan prinsip kebhinekaan sebagai instrumen kekuatan nasional, sesuai teori geopolitik Soekarno.

“Yakni dengan menempatkan kebhinnekaan sebagai anugrah, dan bagian dari instrument of national power, agar kekuatan demografi menjadi kunci kemajuan dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi atas cara pandang geopolitik,” jelas Hasto.

Hasto menjelaskan geopolitik Soekarno yang berdasarkan Pancasila melawan teori geopolitik ala Barat yang berwatak penjajahan.

Karena berbasis Pancasila, teori geopolitik Soekarno bertujuan membangun tata dunia baru dengan membangkitkan solidaritas bangsa-bangsa agar dunia terbebas dari kolonialisme dan imperialisme, serta mengedepankan koeksistensi damai.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X