Kini Kementerian Agama Memiliki Jabatan Pengembang Tafsir Al Qur'an

- Kamis, 8 Desember 2022 | 19:08 WIB
Plt Kepala LPMQ Kemenag Waryono Abdul Ghofur / kemenag
Plt Kepala LPMQ Kemenag Waryono Abdul Ghofur / kemenag

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Kini Kementerian Agama (Kemenag) memiliki kelas Jabatan Fungsional Pengembang Tafsir Al Qur an (JF PTQ). Hal itu berlaku setelah usulannya mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Persetujuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri PAN dan RB No. 50 Tahun 2022 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Tafsir Al-Qur'an yang ditandatangani Abdullah Azwar Anas, tertanggal 8 November 2022.

Baca Juga: Kemenag Akan Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji di Awal 2023

"Alhamdulillah, usulan Kemenag sudah disetujui Kementerian PAN dan RB. Kini, ada Jabatan Fungsional Pengembang Tafsir Al-Qur'an di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Balitbang-Diklat Kemenag," terang Plt Kepala LPMQ Waryono Abdul Ghofur di Jakarta, di laman kemenag dikutip pada Kamis 8 Desember 2022.

Waryono mengungkapkan dalam Peraturan Menteri PAN dan RB ini terdiri atas 16 Bab dan 59 pasal yang mengatur keberadaan pengembang tafsir Al Qur'an

Pada BAB I Pasal 1 ayat (5) disebutkan JF PTQ adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengembangan tafsir Al-Qur'an.

"Pengembangan Tafsir Al-Qur'an itu mencakup kegiatan pengkajian, pengembangan penerjemahan, dan penafsiran Al-Qur'an," terangnya.

Baca Juga: Qari Indonesia, Dasrial M Nainin Raih Juara 1 di MTQ Internasional

Instansi pembina JF PTQ adalah Kemenag. Koordinator Bidang Pengkajian Al-Qur'an LPMQ, Abdul Aziz Shidqi, menjelaskan, ketentuan ini diatur dalam BAB I Pasal 1 ayat (21), yang berbunyi: instansi pembina Jabatan Fungsional Pengembang Tafsir Al-Qur'an yang selanjutnya disebut instansi pembina kementerian yang menyelenggarakan urusan di bidang Agama.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X