Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Diberikan Bertahap. Ini Alasan Presiden Jokowi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 17:08 WIB
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan Dana Stimulan perbaikan rumah korban gempa Cianjur  (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan Dana Stimulan perbaikan rumah korban gempa Cianjur (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Cianjur. Warga terdampak gempa bumi Cianjur menerima bantuan stimulan tahap pertama untuk perbaikan rumah dari pemerintah pada Kamis 08 Desember 2022.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada penerima di Lapangan Tembak Tapal Kuda Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Hadirkan Pendongeng untuk Anak Korban Gempa Cianjur, Begini Alasan Bintang

Di tengah acara penyerahan bantuan Presiden Jokowi berharap warga bisa segera memulai pembangunan rumahnya dengan pembersihan puing-puing bangunan.

“Titipan saya agar pembangunannya segera dimulai, rumah-rumah yang runtuh segera dibersihkan dari puing-puing. Batu batanya yang bisa dipakai dibersihkan dipakai lagi. Kayunya yang bisa dipakai juga agar bisa dipakai lagi,” ujar Presiden Jokowi.

Pada penyerahan bantuan tahap pertama tersebut, diserahkan sekitar 8.100 bantuan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa.

Presiden Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan menambah nilai bantuan bagi warga berdasarkan tingkat kerusakan rumahnya masing-masing menjadi Rp60 juta, Rp30 juta, dan Rp15 juta.

“Tadi malam hitung-hitung lagi, tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menteri Keuangan, ada uang atau tidak? Ternyata ada sedikit sehingga saya putuskan yang Rp50 juta akan menjadi Rp60 juta, yang Rp25 juta akan menjadi Rp30 juta, yang Rp10 juta akan menjadi Rp15 juta,” ujarnya.

Baca Juga: Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur Seluas 16 Hektar, Begini Penjelasan BNPB

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X