Pelanggan PLN Harus Waspada. Muncul Penipuan Bermodus Tagihan Listrik

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:50 WIB
penipuan modus tagihan listrik dari PLN / PMJ News
penipuan modus tagihan listrik dari PLN / PMJ News

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Sekarang ini para pelanggan PLN harus hati-hati dengan berbagai informasi soal tagihan dari nomor yang tidak jelas. Pasalnya belum lama ini muncul pola penipuan dengan menyaru sebagai petugas PLN.

Baru-baru ini beredar di media sosial Facebook pengakuan seorang warganet yang menjadi sasaran penipuan bermodus tagihan PLN.

Diketahui pengakuan itu disampaikan pemilik akun FB bernama Evan Abu Muhammad.

Baca Juga: Penipuan Bermodus Bisnis SPBU, Mantan Ketua DPRD Ditahan Kejari Cimahi

Menurut penuturan Evan Abu Muhammad, dirinya menerima pesan soal tagihan PLN melalui whatsapp. Dalam pesan Whatsapp tersebut, pelaku berpura-pura mengirimkan tagihan listrik ke pelanggan dan membagikan file APK.

"Sore pak Syamsul Rizal, saya Rudy dari kantor PLN Pusat. Untuk nomor ID Pelanggan: 221200400400 mengenai tagihan listrik sudah masuk 3 bulan belum ada pembayaran, mengenai hal ini mohon direspon agar kami tidak melakukan pemblokiran ID dan pemutusan daya listrik rumah bapak," demikian bunyi pesan tersebut.

Ternyata file APK yang terdapat di dalam pesan tersebut dicurigai mampu mengambil data pelaku sampai mengarah ke M-Banking korban.

Baca Juga: Berkas Perkara Dugaan Penipuan di PT ARI Dinyatakan Lengkap oleh Kejagung

Diketahui bahwa dengan aplikasi itu pelaku bisa mengambil uang saldo pada M-Banking korban. Sehingga jika arahan pelaku diikuti maka uang korban dapat ditarik oleh pelaku dan hilang dalam begitu saja.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X