RBC di Bawah Ketentuan, Ijin Asuransi Wanaartha Life Dicabut OJK

- Senin, 5 Desember 2022 | 22:52 WIB
Nasabah WanaArtha saat gelear demo, karena asuransi ini gagal bayar dana nasabah (dok, tangkapan layar/ist)
Nasabah WanaArtha saat gelear demo, karena asuransi ini gagal bayar dana nasabah (dok, tangkapan layar/ist)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL sudah tak berijin resmi. Pasalnya ijin perusahaan asuransi itu sudah dicabut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) gegara rendahnya RBC.

Sebagai informasi RBC singkatan dari risk based capital yang artinya rasio kecukupan kapital untuk menanggung resiko nasabah. RBC menjadi patokan untuk menilai kesehatan kondite perusahaan asuransi.

Hasil penilaian OJK, Wanaartha Life sudah tidak memenuhi rasio solvabilitas (/RBC) yang sesuai ketentuan yang ditetapkan OJK.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Tujuh Tersangka dalam Kasus Dugaan Penipuan di WanaArtha Life

Dilansir dari laman rri.co.id, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono menyampaikan, Wanaartha Life tidak mampu menutup selisih kewajiban dengan aset. Baik melalui setoran modal oleh pemegang saham pengendali atau mengundang investor.

Tingginya selisih antara kewajiban dengan aset merupakan akumulasi kerugian akibat penjualan produk sejenis saving plan.

"PT WAL menjual produk dengan imbal hasil pasti yang tidak diimbangi kemampuan perusahaan mendapatkan hasil dari pengelolaan investasinya," ujar Ogi saat konferensi pers, Senin 5 Desember 2022.

"Kondisi ini direkayasa oleh PT WAL. Sehingga laporan keuangan yang disampaikan kepada OJK maupun laporan keuangan publikasi tidak sesuai kondisi sebenarnya," ucapnya.

Dia menyampaikan, nomor pencabutan izin usaha ditandai melalui Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP71/D.05/2022. Adapun surat pencabutan izin telah disampaikan kepada pengurus Wanaartha Life, 5 Desember 2022, sesuai tanggal pencabutan izin usaha.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X