Syarat yang Wajib Dipenuhi Calon Penumpang Kereta Api. Apa Saja ya

- Senin, 5 Desember 2022 | 20:38 WIB
Stasiun Kereta Api (Jabodetabek.Id)
Stasiun Kereta Api (Jabodetabek.Id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Momentum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) lazimnya banyak masyarakat melakukan perjalanan ke luar kota. Beragam moda transportasi yang digunakan masyarakat untuk bepergian salah satunya Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Saat ini pihak Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyediakan tiket untuk momentum Nataru. Semua orang bisa memesan tiket itu secara online. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon penumpang kereta api

Oleh karena itu KAI mengingatkan kepada calon penumpang agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai dengan aturan pemerintah sebelum membeli tiket agar terhindar dari resiko gagal berangkat.

Baca Juga: Stok Tiket Kereta Api untuk Angkutan Nataru Sudah Terjual 12 Persen

Berikut ini syarat lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh sesuai Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022 :

Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
Usia 6-17 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Persyaratan vaksin tersebut saat ini sudah tidak dapat lagi digantikan melalui pemeriksaan PCR atau Antigen. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket sesuai aturan normal di loket stasiun.

Baca Juga: PT Kereta Cepat Indonesia China Minta Tambahan Modal Rp 3,2 T. Begini Respon Anggota DPR

Pelanggan juga tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan di atas KA dan saat berada di stasiun. Untuk mengedepankan protokol kesehatan seluruh calon pengguna juga akan melalui pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan wajib memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Seluruh penumpang juga akan diberikan healthy kit berupa masker pengganti sesuai standar dan pembersih tangan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X