Merespon Erupsi Gunung Semeru, Megawati Perintahkan Baguna Turun ke Lokasi

- Minggu, 4 Desember 2022 | 22:09 WIB
Gunungapi Semeru Erupsi saat ini pada level Awas (screenshot @the_apprised)
Gunungapi Semeru Erupsi saat ini pada level Awas (screenshot @the_apprised)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Lumajang. Aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur meningkat sejak dini hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 02.46. Sepanjang hari erupsi Gunung Semeru terus terjadi. Bahkan terkini luncuran awan kian jauh sehingga statusnya naik menjadi level IV (awas).

Akibat luncuran awan panas itu menimbulkan dampak di lima desa. Sebanyak 1.979 jiwa telah dievakuasi ke 11 titik pengungsian.

Peristiwa itu turut menarik perhatian Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Oleh karena itu, dia menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) segera turun ke lokasi erupsi untuk memberikan bantuan. Diketahui Baguna merupakan badan organik milik PDI Perjuangan.

Hal itu diungkapkan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai memberi sambutan di kejuaraan nasional Ju-jitsu di Yogyakarta, Minggu 4 Desember 2022.

Baca Juga: Lima Desa Terdampak Awan Panas dari Gunung Semeru. Ini Daftarnya

Hasto menuturkan saat memberi sambutan, dirinya menerima panggilan telepon dari Megawati.

"Rupanya Ibu Megawati menelpon saya tadi. Akhirnya, saya langsung menelpon balik Ibu Megawati dan menjelaskan baru selesai mengikuti agenda di Yogyakarta," kata Hasto.

Tak hanya itu menurut Hasto Kristiyanto, Megawati juga telah menginstruksikan kepada jajaran Anggota DPR RI dari Dapil setempat untuk turut membantu proses pendirian posko siaga bencana yang dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Baguna PDI Perjuaangan turun ke lokasi erupsi Gunung Semeru / gesuri.id

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X