Komisi I DPR RI Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

- Jumat, 2 Desember 2022 | 21:24 WIB
Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI. (Foto: pmjnews.com)
Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI. (Foto: pmjnews.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono telah menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) sebagai Calon Panglima TNI di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Hasilnya, Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana Yudo Margono untuk diangkat sebagai Panglima TNI. Paralel dengan itu Komisi I juga menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI.

“Serta (Komisi I DPR RI) memberikan apresiasi atas dedikasi Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah membawa TNI semakin maju dan profesional,” ujar Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Ruang Rapat Komisi I, DPR RI, Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajukan KSAL Laksamana Yudo Margono Sebagai Calon Panglima TNI

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan kesepakatan pengangkatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI dilakukan secara musyawarah, tanpa ada pemungutan suara (voting).

Di samping mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih, Meutya berharap penuh semoga Panglima TNI yang baru, Laksamana TNI Yudo Margono, bisa mengemban amanah ke depan sebagai panglima TNI dengan lebih baik ke depannya.

Melengkapi proses fit and proper test, jajaran Komisi I DPR RI pun menyambangi Laksamana Yudo di kediamannya wilayah Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 2 Desember 2022 sore. Laksamana Yudo tiba di Jalan Diponegoro No. 38-40 Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 18.00 WIB. Dia berjalan kaki dari Gedung Wisma Elang Laut TNI AL yang letaknya bersebelahan dengan kediamannya.

Di tempat yang sama anggota DPR RI Dave Akbarshah Fikarno menekankan nantinya Laksamana Yudo Margono selaku Panglima TNI untuk mengembangkan sistem pertahanan di Indonesia.

Selain itu Dave berharap Laksamana Yudo Margono bisa menjalankan tugas secara sistematis dan dapat mengoptimalkan segala upaya agar pertahanan dan keamanan Indonesia menjadi lebih baik lagi dalam waktu satu tahun ke depan. Pasalnya Laksamana Yudo Margono memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Parlementaria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X