Kasus Baru Penularan Virus HIV Didominasi Kalangan Remaja

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:54 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS
Ilustrasi HIV/AIDS

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Terungkap fakta mengejutkan dalam kasus persebaran HIV/AIDS baru-baru ini. Data menunjukkan dari jumlah kasus baru positif virus HIV, mayoritas dialami para remaja. Setidaknya 51 persen kasus baru HIV merupakan remaja.

Data di atas berdasarkan laporan United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS). Lebih jauh UNAIDS mengungkapkan setiap 2 menit seorang remaja perempuan tertular HIV pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan UNAIDS Country Representative, Krittayawan Boonto dalam acara peringatan Hari Aids Sedunia yang digelar di Jakarta, Kamis 1 Desember 2022 dilansir dari laman rri.co.id.

Baca Juga: Manfaat Pare Bagi Kesehatan. Salah Satunya Bisa Menghambat Virus HIV

"Studi baru sebutkan bahwa perempuan yang alami kekerasan lebih rentan terpapar HIV," kata Krittayawan Boonto.

Lebih lanjut Krittayawan bercerita tentang pengalamannya saat mengunjungi Puskesmas di Kota Bandung, Jawa Barat beberapa bulan lalu. Ia mendapat laporan dari pekerja kesehatan yang menyatakan kelompok remaja yang baru terinfeksi menyentuh angka 55 persen.

"Kita punya data estimasi dan kita juga ambil dan validasi sama data di lapangan. Jadi benar di lapangan saat ini saya baru lihat di Bandung tetapi pasti di mana-mana kita bisa lihat bahwa yang newly diagnose HIV, sudah lebih dari setengahnya di kelompok remaja," ujar Krittayawan.

UNAIDS baru saja meluncurkan laporan pada Hari AIDS Sedunia tahun 2022, berjudul "Dangerous in Equalities". Laporan tahun ini fokus mengangkat isu ketidaksetaraan gender yang menjadi masalah utama penanggulangan HIV/AIDS.

"Dinamika kekuatan yang tidak setara antara laki laki dan perempuan meningkatkan kerentanan perempuan dan anak perempuan terhadap HIV," kata dia.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X