Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur Seluas 16 Hektar, Begini Penjelasan BNPB

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:10 WIB
Kepala BNPB Meninjau Tempat Relokasi Warga Terdampak Gempa Cianjur
Kepala BNPB Meninjau Tempat Relokasi Warga Terdampak Gempa Cianjur

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Cianjur. Pemerintah menambah luas lahan sebagai tempat relokasi korban gempa Cianjur. Semula lahan yang disediakan 2 hektar kemudian diperluas menjadi 16 hektar untuk membangun rumah bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Kepastian luas lahan relokasi itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dalam siaran pers BNPB, Kamis 1 Desember 2022.

Baca Juga: Lokasi Gempa Cianjur Jadi Tontonan Pengunjung. Begini Respon Pemerintah

"Jadi 16 hektar telah disiapkan. Nanti bupati dan tim yang akan menentukan siapa dan penduduk mana yang akan pindah ke sini," kata Suharyanto.

Lebih lanjut Suharyanto menjelaskan, warga yang rumahnya direlokasi akan mendapatkan ganti rumah di tempat yang telah disediakan, rumah yang lama tidak diperbolehkan lagi dihuni.

"Begitu yang direlokasi sudah punya rumah dan hak tanah baru, tanah warga yang lama akan dikelola pemerintah agar warga tidak balik lagi ke sana," tuturnya.

Baca Juga: Sisir Lokasi Pengungsian yang Terisolir, Brimob Kerahkan Heli dan Drone

Menurutnya, rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau, sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat. Ini untuk mengantisipasi timbulnya korban bila gempa terjadi lagi di sekitar daerah tersebut.

Kemudian Kepala BNPB Suharyanto dan rombongan meninjau pembangunan contoh rumah tahan gempa yang akan dibangun oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X