Lokasi Gempa Cianjur Jadi Tontonan Pengunjung. Begini Respon Pemerintah

- Rabu, 30 November 2022 | 17:36 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (depan kanan) berjalan bersama pihak kepolisian dan BNPB menuju lokasi terparah gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022.
Menko PMK Muhadjir Effendy (depan kanan) berjalan bersama pihak kepolisian dan BNPB menuju lokasi terparah gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022.

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Cianjur-Belakangan ini banyak orang biasa yang mendatangi lokasi terdampak gempa Cianjur. Bukannya memberi bantuan, mereka malah menjadikan bencana sebagai tontonan.

Aksi itu terjadi di Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Mereka seolah menikmati penderitaan korban bencana dengan berwisata di lokasi bencana. Di antara mereka, ada yang datang berombongan.

Nampak banyak dari mereka yang merekam video, memotret, bahkan berswafoto di lokasi gempa. Tak pelak, aksi tersebut menulai kekesalan para korban gempa. Begitu juga para relawan dibuat jengkel oleh kelakuan mereka, lantaran kehadirannya menghambat Penanganan Korban.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Lahan 2 Hektar untuk Relokasi Korban Gempa Cianjur

Merespon fenomena "wisata bencana" itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sangat menyesalkannya

Dia meminta masyakat tak menjadikan lokasi gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebagai tempat wisata.

"Saya mohon tempat ini tidak dijadikan sebagai tempat setengah wisata. Jadi berkunjung ke tempat gempa sehingga membikin jalan-jalan menjadi macet," kata Muhadjir kepada wartawan, Rabu 30 November 2022.

"Itu mengganggu mobilisasi penyaluran bantuan yang kita lakukan," ujarnya. Muhadjir pun meminta warga yang akan meninjau lokasi gempa untuk bisa menahan diri tidak datang beramai-ramai.

Baca Juga: Jenazah Ayah dan Anak Korban Gempa Cianjur Ditemukan. Jumlah Meninggal Bertambah

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X