Presiden Jokowi Ajukan KSAL Laksamana Yudo Margono Sebagai Calon Panglima TNI

- Selasa, 29 November 2022 | 20:45 WIB
Calon panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). (Risal Barut)
Calon panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). (Risal Barut)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Presiden Jokowi mengajukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Yudo Margono akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di Media Center DPR RI, Senin 28 November 2022.

Lebih jauh Puan mengatakan bahwa penunjukan Laksama Yudo oleh Presiden Jokowi sebagaimana tertulis dalam surat Presiden (Surpres) yang baru saja diantarkan oleh Mensesneg Pratikno.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Telah Kirimkan Surpres Calon Panglima TNI ke DPR

“Nama yang diusulkan Bapak Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai KSAL,” jelas Puan Maharani.

Kemudian Puan memastikan pihaknya akan menugaskan komisi terkait dalam hal ini Komisi I DPR RI untuk melakukan mekanisme dan prosedur sesuai dengan Undang Undang.

“Dengan diterimanya surpres, Bapak Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan),” ujar Puan.

Dia menambahkan, Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun 21 Desember sebagai Panglima TNI dan pensiun sebagai anggota TNI pada 1 Januari 2023 mendatang. Artinya DPR masih memiliki waktu untuk menjalankan mekanisme pergantian Panglima TNI.

“Insya Allah akan dilewati mekanisme sesuai dengan UU yang ada,” terang Puan Maharani.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X