Hakim Agung GS Jadi Tersangka Suap Pengurusan Perkara. Begini Respon KY

- Selasa, 29 November 2022 | 16:11 WIB
KY Dukung KPK Bongkar Tuntas Korupsi di Lingkungan Pengadilan (Ilustrasi)
KY Dukung KPK Bongkar Tuntas Korupsi di Lingkungan Pengadilan (Ilustrasi)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Komisi Pemberantasan Komisi (KPK) telah menetapkan Hakim Agung, Gazalba Saleh (GS) sebagai tersangka kasus pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Menanggapi penetapan itu Komisi Yudisial (KY) menyayangkan perbuatan hakim tersebut. Juru Bicara KY, Miko Ginting mengatakan, pihaknya menyayangkan dugaan perbuatan tindak pidana korupsi yang melibatkan aparatur pengadilan.

"Komisi Yudisial tentu sangat menyayangkan dugaan perbuatan tindak pidana korupsi yang melibatkan aparatur pengadilan, termasuk hakim ini," kata Miko, Selasa 29 November 2022.

Baca Juga: Kronologi Keterlibatan Hakim Agung GS Atas Dugaan Suap Pengurusan Perkara

Di sisi lain, KY mengapresiasi proses penegakan hukum dilakukan KPK terhadap oknum yang melakukan korupsi di lingkungan pengadilan. Dia berharap proses itu bisa membuat terang benderang rangkaian kasus korupsi pengurusan perkara.

Kemudian Miko menegaskan bahwa KY terus mendukung KPK untuk mengusut tuntas persoalan korupsi di sektor peradilan (judicial corruption).

"Pada waktunya, KY akan menjalankan kewenangannya dalam domain etik terhadap para hakim yang diduga terlibat. Apakah bersamaan atau setelah proses penegakan hukum akan dikoordinasikan dengan KPK," ujar Miko.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar proses penegakan hukum KPK tidak terganggu oleh proses etik KY.

"Untuk tersangka Hakim GS, sampai tahap ini KY memperhatikan dan menyerahkan sepenuhnya kepada proses penegakan hukum di KPK," ucapnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X