Meski Baru Jadi Tersangka, AKBP Bambang Kayun Sudah Diproses Etik. Ini Penjelasannya

- Rabu, 23 November 2022 | 17:54 WIB
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo (Twitter @DivHumas_Polri)
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo (Twitter @DivHumas_Polri)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja menetapkan AKBP Bambang Kayun sebagai tersangka atas kasus dugaan suap dan gratifikasi saat menangani perkara pemalsuan surat perebutan ahli waris.

Kasus yang membelit Bambang Kayun itu terjadi di saat dirinya menjabat Kepala Subbagian Penerapan Pidana dan HAM, bagian Penerepan Hukum Biro Bantuan Hukum (Kasubbagrapid HAM, Bagrapkum Robantkum) Divisi Hukum Polri tahun 2013-2019.

Meski baru ditetapkan jadi tersangka oleh KPK, rupanya AKBP Bambang Kayun sudah menjalani proses etik dan profesi di Propam Polri.

Baca Juga: KPK Tetapkan AKBP Bambang Kayun Jadi Tersangka. Mabes Polri Buka Suara

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Dirinya memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan proses etik profesi atas kasus tersebut terhadap AKBP Bambang Kayun.

Lantaran, lanjut Dedi, sebelumnya Dittipidkor Bareskrim Polri sempat mengusut dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun. Kemudian kasus tersebut dilimpahkan ke KPK dan kini dalam proses penyidikan.

"Adapun yang menjadi pertimbangannya (pelimpahan) adalah dalam rangka transparansi di dalam penyidikan perkara dengan objek yang sama. Yang bersangkutan juga sudah menjalani proses kode etik Propam," tutur Dedi kepada awak Media Rabu 23 November 2022.

"Dikoordinasikan dan komunikasikan secara intens," sambungnya.

Meski demikian, Dedi belum menjelaskan secara rinci status AKBP Bambang Kayun apakah telah dijatuhi sanksi etik atau belum. Dia mengaku masih menunggu informasi dari Propam Polri.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X