Info Terkini Dampak Gempa Cianjur, BNPB: Korban Meninggal Bertambah

- Selasa, 22 November 2022 | 15:27 WIB
Pengungsi korban gempa Cianjur tinggal di tenda seadanya (Ist/lenteratimes.com)
Pengungsi korban gempa Cianjur tinggal di tenda seadanya (Ist/lenteratimes.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Cianjur. Jumlah korban yang meninggal akibat bencana gempa bumi di Cianjur seiring langkah pemerintah melakukan penanganan dampak bencana itu.  Selain itu lebih dari warga terdampak gempa mengungsi di sejumlah lokasi.

Untuk efektivitas pengangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memberlakukan status tanggap darurat bencana pasca gempa bumi bermagnitudo (M) 5,6 mengguncang wilayahnya Senin 21 November 202. Status ini berlaku selama 30 hari ke depan.

Baca Juga: Sikapi Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur, Pemerintah Janjikan Ini

Penetapan status yang ditandatangani oleh Bupati Cianjur Herman itu berlakau efektif mulai 21 November hingga 20 Desember 2022.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Selasa 22 November 2022.

"Penanganan bencana pasca-gempa di Kabupaten Cianjur masih terus dilakukan tim gabungan, sejak terjadinya gempa pada Senin (21/11) kemarin yang berpusat di 10 kilometer barat daya Cianjur," ujar Abdul Muhari.

Baca Juga: Data Terbaru : Jumlah Kerusakan Akibat Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

Abdul menjelaskan, berdasarkan data sementara korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur 162 jiwa, 92 orang luka-luka dan 5.405 warga mengungsi ke beberapa titik. Sementara kerugian infrastruktur sebanyak 3.257 unit rumah alami kerusakan.

"Untuk wilayah Kabupaten Bandung satu orang alami luka sedang dan satu kepala keluarga. Kemudian Sukabumi sebanyak 641 kepala keluarga terdampak, delapan mengungsi, tercatat satu orang luka berat dan sembilan orang luka ringan, serta 641 unit rumah alami kerusakan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X