Presiden Jokowi Ingatkan Para Capres Agar Tak Gunakan Politik Identitas

- Senin, 21 November 2022 | 23:12 WIB
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Munas HIPMI XVII di Hotel Alila, Solo pada Senin (21/11/2022) siang. (instagram.com/jokowi)
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Munas HIPMI XVII di Hotel Alila, Solo pada Senin (21/11/2022) siang. (instagram.com/jokowi)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Solo. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin 21 November 2022.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengingatkan agar para calon presiden berkempetisi dengan sehat tanpa menggunakan politik identitas. Presien Jokowi menekankan agar kompetisi dilakukan dengan adu gagasan dan adu program.

“Jangan masuk ke politik SARA, politisasi agama, politik identitas, jangan. Sangat berbahaya bagi negara sebesar kita Indonesia yang sangat beragam,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah

Selain itu Kepala Negara juga mengajak semua pihak untuk menjaga situasi politik di tanah air agar tetap kondusif menjelang pemilihan umum pada 2024 mendatang.

“Saya titip dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini, kita harus semua menjaga agar kondusivitas situasi politik itu tetap adem kalau bisa, kalau enggak bisa paling banter ya anget tapi jangan panas,” ujar Presiden Jokowi.

Kemudian Presiden Jokowi menyinggung situasi dunia saat ini yang terancam krisis ekonomi.

Menurutnya, dalam situasi dunia saat ini sedang tidak normal sudah ada 14 negara sudah mengantre untuk mendapatkan pinjaman dari Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF). Negara itu membutuhkan pinjaman dana guna mengatasi masalah perekonomian di negara masing-masing.

Baca Juga: Keuntungan Gelar KTT G20, Indonesia Kantongi Investasi Senilai Rp 125 T

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X