Sikapi Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur, Pemerintah Janjikan Ini

- Senin, 21 November 2022 | 22:37 WIB
Kepala BNPB Suharyanto Pastikan rumah yang terdampak akibat gempa Cianjur akan direnovasi pemerintah (PMJ News)
Kepala BNPB Suharyanto Pastikan rumah yang terdampak akibat gempa Cianjur akan direnovasi pemerintah (PMJ News)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Cianjur. Rumah warga yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat akan mendapat bantuan dari pemerintah. Bentuknya yakni rumah korban gempa akan dibangun ulang oleh pemerintah.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dikutip dari YouTube BMKG.

Menurutnya BNPB memastikan akan membangun rumah warga yang rusak akibat gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 siang.

Baca Juga: Data Terbaru : Jumlah Kerusakan Akibat Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

"Kami yakinkan kepada masyarakat bahwa rumah-rumahnya yang hancur, baik rusak berat, rusak ringan, dan rusak sedang, ini akan dibangun kembali oleh pemerintah," ujar Suharyanto.

"Nah, tentu saja memerlukan soliditas, sinergitas dan kesungguhan semua unsur yang terlibat dalam penanganan bencana gempa bumi ini," tambahnya.

Kemudian Suharyanto mennjelaskan dalam waktu dekat pemerintah segera mengaktifkan posko penanganan bencana. Untuk itu dia memastikan dirinya akan meninjau lokasi bencana gempa Cianjur pada Selasa besok 22 November 2022.

"Kedatangan kami ke daerah akan membawa logistik bagi para pengungsi yang terpaksa harus tinggal di pengungsian. Kalau kita lihat kerusakannya ini, cukup masif,” tuturnya.

Terkait operasional posko bencana, ujar Suharyanto, BNPB juga akan mendorong anggaran dana siap pakai. Dengan demikian, masyarakat terdampak bisa mendapat penanganan untuk pemenuhan kebutuhan dasar mereka.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X