PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024, Begini Reaksi PDIP

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:04 WIB
PSI Deklarasi Ganjar Pranowo-Yenny Wahid sebagai Capres-Cawapres 2024 (Twitter @psi_id)
PSI Deklarasi Ganjar Pranowo-Yenny Wahid sebagai Capres-Cawapres 2024 (Twitter @psi_id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Partai Nasdem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) untuk pemilu 2024 pada Senin, 3 Oktober 2022.

Di tempat lain, dalam waktu hampir bersamaan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres 2022. Oleh PSI Ganjar yang notabene kader PDI Perjuangan disandingkan dengan dan Direktur Wahid Institut, Yenni Wahid sebagai Cawapres 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menjelaskan, capres dan cawapres yang diusung PSI itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat di website PSI.

Baca Juga: Nasdem Resmi Ajukan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden 2024

Rupanya langkah PSI itu tidak mendapat dukungan dari petinggi PDI perjuangan. Malah  menyayangkan adanya deklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 oleh PSI.

Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Pacul menjelaskan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) seharusnya bertemu Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri lebih dahulu sebelum mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo.

Menurutnya, langkah itu berkaitaan dengan sopan santun PSI yang mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres, sebab Gubernur Jawa Tengah itu masih berstatus sebagai kader PDI Perjuangan.

"Apa tidak ada jeleknya bicara dengan bu Ketum dulu? Ini kan hal-hal yang yo rasa no [kamu rasakan tidak]. Salah tidak omongan saya? Pasti tidak lah," ujar Pacul di Gedung DPR, dikutip dari laman gesuri.id pada Rabu, 5 Oktober 2022.

"Kalau anakmu dicalonkan orang lain piye? Itu kan soal pemahaman organisasi, ya monggo saja," tuturnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X