KPU Umumkan Hasil Verifikasi Perbaikan Administrasi Parpol pada 14 Oktober 2022

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:47 WIB
Gedung KPU (KPU)
Gedung KPU (KPU)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah memverifikasi perbaikan administrasi partai politik (parpol) calon peserta 2024. Diagendakan KPU akan mengumumkan hasilnya kepada publik pada Jumat 14 Oktober 2022.

Hal itu disampaikan Anggota KPU, Idham Holik dalam keterangan tertulis di laman rri.co.id dikutip pada Minggu, 2 Oktober 2022.

"Nanti pada tanggal 14 Oktober 2022, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi. Kami akan mengumumkan kepada publik," kata Idham Holik.

Baca Juga: Kantor Distrik Kebo di Papua Dibakar Aparat Kampung. Ini Motifnya

Lebih lanjut Idham memastikan dalam pengumuman hasil verifikasi administrasi, KPU akan mengeluarkan status kepada parpol. Status itu memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

Status memenuhi syarat otomatis berlaku bagi 9 partai politik (parpol) yang berada di parlemen setelah verifikasi perbaikan administrasi. Maka kesembilan parpol tersebut sudah menjadi peserta Pemilu 2024.

"Hal ini merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PU/XVIII/20202. Selanjutnya bagi parpol non parlemen jika telah memenuhi syarat maka akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual," jelasnya.

Baca Juga: Berkas Delapan Parpol yang Mendaftar ke KPU Dinyatakan Lengkap

Usai verifikasi administrasi, lanjut Idham, KPU melakukan verifikasi parpol secara faktual yang akan berlangsung pada 15 Oktober-4 November 2022. Sehingga selama 20 hari itu, KPU seluruh Indonesia akan melakukan pengecekan kembali.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X