Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Tapanuli Utara. Rumah dan Fasilitas Umum Rusak

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 19:57 WIB
Ilustrasi -- Gempa. Fasilitas umum hingga rumah warga di Tapanuli Utara alami kerusakan akibat gempa. (Foto: Dok. BMKG)
Ilustrasi -- Gempa. Fasilitas umum hingga rumah warga di Tapanuli Utara alami kerusakan akibat gempa. (Foto: Dok. BMKG)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Tapanuli Utara. Gempa kembali mengguncang Indonesia. Kali ini gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara dengan kekuatan bermagnitudo 5,8. Guncangan terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 dini hari.

Gempa itu menyebabkan kerusakan rumah warga dan fasilitas umum.Selain itu gempa juga menyebabkan tanah longsor dan badan jalan rusak, serta mengakibatkan kerusakan rumah warga dan tempat ibadah.

Baca Juga: Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pelajar Arak Bendera Super Panjang

Gedung HKBP Tarutung di Kota Tarutung merupakan salah satu tempat ibadah yang rusak akibat gempa.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu kepada awak media pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Lebih lanjut dia mengatakan kerusakan pada rumah warga di Tapanuli Utara berupa rusak, seperti lantai dan dinding rumah retak dan asbes atap rumah rusak.

"Sepanjang 50 hingga 60 meter badan jalan menuju kawasan wisata Salib Kasih juga tertutup material tanah longsor setinggi tiga meter," kata Bonggas.

Baca Juga: Menghemat Subsidi, Pemerintah Naikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Adapun fasilitas umum yang rusak di antaranya jalan sepanjang seratus meter di Desa Cimorangkir, Kecamatan Siatasbarita, serta 100 meter bagian jalan di Desa Hutapea Banuarea, Kecamatan Tarutung.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X