3 Pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang Ditangkap Satgas. Ini Perannya

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:59 WIB
Karopenmas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Karopenmas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Tergoda dengan iming-iming gaji besar, 22 orang nyaris jadi korban perdagangan manusia. Mereka akan diberangkatkan ke negara Kamboja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ternyata mereka terjebak dalam jaringan perdagangan manusia. Untungnya mereka berhasil diselamatkan polisi dari rumah penampungan di di Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan.

Dari pengungkapan itu polisi menyita barang bukti berupa sebuah PC, 5 buah monitor, 1 laptop, dan 17 paspor.

Baca Juga: Berkat Sidik Jari yang Tercecer Pelaku Perampokan Toko Emas Terungkap

Tindak lanjut dari temuan itu Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengamankan tiga orang tersangka berinisial C, S, dan M yang ditangkap di wilayah berbeda.

“Tersangka inisial C ditangkap di Indramayu tanggal 24 September 2022. S ditangkap di Indramayu tanggal 24 September 2022, dan M yang ditangkap di pamulang tanggal 26 Sept 2022,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangan dikutip dari PMJ News pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Menurut Ramadhan, tiga tersangka yang diamankan itu berperan merekrut dan menampung para korban sebelum diberangkatkan ke Kamboja.

“Ketiga tersangka berperan sebagai perekrut korban dan koodinator perekrut daerah, dan menyediakan tempat penampungan sebelum korban diberangkatkan serta membantu membuatkan paspor para korban,” ungkapnya.

Masih dari keterangan Ramadhan, penangkapan itu bermula dari giat geledah sebuah lokasi milik tersangka M di Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, yang menemukan 22 orang yang diduga korban yang akan diberangkatkan.

“Kemudian pada Senin 26 September 2022, saat dilakukan penggeledahan di rumah milik tersangka M di Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan, ditemukan tempat yang diduga sebagai penampungan Pekerja Migran Indonesia (PMI),” paparnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X