Profil Singkat Johanis Tanak. Dari Jaksa Menjadi Pimpinan KPK

- Rabu, 28 September 2022 | 20:31 WIB
Eks Jaksa Johanis Tanak  (Foto : FB Kejati Jambi )
Eks Jaksa Johanis Tanak (Foto : FB Kejati Jambi )

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Johanis Tanak resmi terpilih sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia terpilih melalui pemungutan suara dalam rapat Komisi III DPR RI pada Rabu, 28 September 2022.

Dalam voting itu, dari 53 anggota Komisi III DPR RI, Johanis memperoleh sebanyak 38 suara mengalahkan Nyoman mendapatkan 14 suara. Sedangkan 1 suara dinyatakan absen.

Selama ini Johanis Tanak lebih banyak berkipah sebagai penegak hukum di lembaga kejaksaan.

Baca Juga: Komisi III DPR RI Pilih Johanis Tanak Sebagai Wakil Ketua KPK

Kiprahnya di dunia hukum tak lepas dari Pendidikan yang ditempuh Johanis Tanak. Dia menempuh kuliah di Fakultas Hukum di Universitas Hasanuddin pada tahun 1983. Kemudian, pada tahun 2019, ia melanjutkan pendidikannya hingga mendapatkan gelar Doktor di Universitas Airlangga pada program studi Ilmu Hukum.

Dilansir dari rri.co.id, karier Johanis Tanak sebagai jaksa terbilang mulus. Pada tahun 2016 dia menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Jabatan itu diraihnya setelah dua tahun mengabdi sebagai Wakil Kejaksaan Tinggi Riau pada 2014.

Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi.

Selanjutnya, ia pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara.

Saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Johanis Tanak menyatakan pemikirannya untuk memberlakukan restorative justice dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X