Tokoh Pemuda Papua Dukung KPK Lakukan Proses Hukum Terhadap Lukas Enembe

- Minggu, 25 September 2022 | 22:19 WIB
okoh Pemuda Papua Martinus Kasuay. (Foto: Istimewa)
okoh Pemuda Papua Martinus Kasuay. (Foto: Istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka atas kasup suap pembangunan gereja. KPK pun telah memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa.

Atas panggilan itu, Lukas Enembe mangkir dengan alasan sakit. Sementara ribuan warga Papua memprotes penetapan Lukas Enembe sebagai tersangka. Masalah itupun dikait-kaitkan dengan urusan politik oleh politisi Partai Demokrat Andi Arief.

Andi Arief melakukan manuver itu lantaran Lukas Enembe adalah Kader Partai Demokrat yang terjerat kasus dugaan suap. Begitu pula politisi dan pihak oposan pemerintah mengaitkan kasus Lukas Enembe ke ranah politik.

Baca Juga: Putra Sulung Presiden Jokowi Gibran Kunjungi Rumah Rocky Gerung. Ini Misinya

Terkait hal itu, Menko Polhukam Mahfud MD sudah menegaskan bahwa masalah yang menjerat Lukas Enembe murni penegakan hukum oleh KPK.

Di sisi lain ribuan warga Papua yang mendukung gubernur Lukas Enembe tetap menolak penetapan Lukas Enembe sebagai tersangka. Penolakan diwujudkan dengan demontrasi besar-besaran beberapa hari lalu di Jayapura. 

Meski demikian, rupanya tidak semua warga Papua membela Lukas Enembe. Salah satunya Sekretaris Barisan Merah Putih, Martinus Kasuay.

Tokoh Pemuda Papua itu menegaskan bahwa pihaknya mendukung proses hukum kasus korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe terus dijalankan sekaligus dituntaskan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Siapapun yang bersalah harus diberikan sanksi hukuman pidana sesuai dengan proses hukum yang berlaku," Martinus Kasuay di Sentani Jayapura Papua, Minggu 25 September 2022.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X