Soal Keppres Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat, Begini Respon LPSK

- Minggu, 25 September 2022 | 20:49 WIB
Gedung LPSK. LPSK Sebut Istri Ferdy Sambo Alami Gangguan Kejiwaan, Apa Itu LPSK, Apa Tugas dan Wewenang LPSK (Bonsernews.com/Google Maps Ali Ha Sani)
Gedung LPSK. LPSK Sebut Istri Ferdy Sambo Alami Gangguan Kejiwaan, Apa Itu LPSK, Apa Tugas dan Wewenang LPSK (Bonsernews.com/Google Maps Ali Ha Sani)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Proses rehabilitasi korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat memerlukan sinergi antarelemen negara baik kementerian maupun lembaga. Pendapat itu disampaikan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu, dalam keterangannya, Minggu, 25 September 2022.

Edwin mengatakan, sinergi antarelemen itu sebagaimana yang termaktub dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2022 tentang penyelesaian pelanggaran HAM.

Diketahui belum lama ini Presiden Jokowi membentuk Tim Penyelesaian Pelanggaran HAM berat yang dilakukan dengan penyelesaian Nonyudisial melalui Keppres Nomor 17 Tahun 2022 tentang penyelesaian pelanggaran HAM.

Baca Juga: Selesaikan Soal Pelangaran HAM Berat Masa Lalu, Presiden Jokowi Bentuk Tim PPHAM

Dikutip dari laman rri.co.id, menyikapi hal itu, Edwin menekankan agar ada penguatan upaya penyelesaian pelanggaran HAM agar hasilnya optimal

"Ini perlu diperkuat agar jauh lebih optimal dan maksimal dalam rehabilitasi para korban. Untuk itu, elemen kekuatan negara, baik di kementerian maupun lembaga harus disinergikan," kata Edwin.

Selain itu, terang Edwin, kekuatan sinergi antarkementerian dan lembaga tersebut diperlukan.

"Itu kita serahkan kepada pemerintah. LPSK hanya dalam posisi siap saja apabila ada yang terkait dengan korban maka berdasarkan undang-undang wilayah kerjanya di LPSK," ujarnya.

"Meskipun penghukuman bagi para pelaku kejahatan HAM berat masa lalu akan sulit dilakukan. Bahkan pemulihan, masa depan termasuk harkat, martabat korban, dan keluarganya harus dipulihkan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X