Dari Pemasok, KKB di Papua Beli Amunisi Seharga Rp 200 Ribu per Butir

- Sabtu, 24 September 2022 | 21:34 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)/Pikiran Rakyat
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)/Pikiran Rakyat

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Papua. Aksi penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tak lepas dari peran pemasok senjata api dan amunisi. Para pemasok itu menjual senjata api dan amunisi ke KKB di Papua.

Baru-baru ini polisi menangkap tiga orang yang berkaitan dengan pasokan senjata api dan amunisi kepada KKB di Papua.

Mereka ditangkap Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022. Masing-masing tersangka berinisial YA, MN, dan BK.

Baca Juga: 15 Orang Terkait Dugaan Investasi Bodong NET89 Dicekal ke Luar Negeri

Salah satu yang ditangkap merupakan ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan inisial YA. Dia berperan sebagai penjual amunisi ke KKB.

Dari pemeriksaan terungkap KKB di Papua baru membeli amunisi seharga Rp 200 ribu perbutir. Total ada 118 butir amunisi yang baru dibeli gerombolan KKB.

Hal itu sampaikan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya dikutip dari laman PMJ News, Sabtu 24 September 2022.

"YA berperan sebagai penjual Amunisi. Hal itu juga diakuinya dihadapan penyidik, namun YA belum mau terbuka perihal sumber amunisi diperolehnya dari siapa,” ujar Kamal.

Selain YA, lanjut Kamal, tersangka kedua berinisial MN berperan sebagai pencari dan pembeli amunisi. MN menjual amunisi perbutirnya dengan harga Rp200.000 dengan total amunisi yang dijual sebanyak 19 butir.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X