Pemerintah Sediakan Sambungan Listrik Baru Gratis untuk Puluhan Ribu Keluarga Miskin

- Jumat, 23 September 2022 | 22:08 WIB
Petugas PLN melakukan pengecekan sambungan listrik.
Petugas PLN melakukan pengecekan sambungan listrik.

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pemerintah akan memberikan bantuan sambungan listrik baru kepada 83 ribu rumah tangga miskin. Penerima bantuan sambungan listrik itu digratisan dari biaya penyambungan listrik.

Program tersebut dipastikan berlaku pada 2023. Lantaran sudah ada kesepakatan antara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Komisi VII DPR RI.

Jumlah penerimanya bertambah 3 ribu daripada tahun sebelumnya yang berjumlah 80 ribu.

Baca Juga: Pembaca Naik 1 Juta Persen, Suaramerdeka.com Cetak Rekor MURI

Anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk pengadaan 83 ribu sambungan listrik baru sebesar Rp 201 miliar. Anggaran itu bagian dari pagu insfrastruktur pembangunan listrik negara.

Hal itu diungkapkan Menteri ESDM Arifin Tasrif, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Jumat, 23 September 2023.

“Pagu kegiatan infrastruktur tahun anggaran tahun 2023 menjadi sebesar Rp1,67 triliun dari sebelumnya hasil Raker sebesar Rp1,86 trilun. Biaya infrastruktur tersebut akan digunakan untuk pembagian converter kit untuk nelayan dan petani, bantuan pasang baru listrik (BPBL), pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)/Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS), Alat Penyalur Daya Listrik (APDAL) dan pembagian modern clean energy cooking services,” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Baca Juga: Usai Gerebek Judi Online di Deli Serdang, Polisi Segel Ruko Milik Bandar

Dari anggaran infrastruktur yang tersedia, Pemerintah bersama Komisi VII DPR sepakat untuk meningkatkan volume dan anggaran untuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari tahun anggaran sebelumnya, 2022 sebesar 80 ribu sambungan rumah (SR) menjadi 83 ribu SR pada tahun anggaran mendatang, 2023.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X