Sikapi Rumor Kualitas Pertalite Turun, Begini Penjelasan Pertamina

- Kamis, 22 September 2022 | 23:07 WIB
Perbedaan Pertalite dulu dan sekarang yang diunggah di twitter
Perbedaan Pertalite dulu dan sekarang yang diunggah di twitter

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Beredar di media sosial yang membandingkan kualitas pertalite sekarang dengan sebelumnya. Ada yang beranggapan kandungan pertalite sekarang berbeda dengan sebelumnya. Pertalite sekarang dianggap kualitasnya menurun sehingga cepat habis.

Menyikapi rumor itu, Pertamina menjamin kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah. Agar konsumen mendapatkan pertalite dengan kualitas yang sesuai standar harus membeli penyalur resmi.

Baca Juga: Kota Pekalongan Siap Launching Penerapan KTP Digital. Catat Waktunya

Lantaran Pertalite yang memenuhi standar hanya dipasarkan melalui penyalur resmi sudah sesuai Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017. Isi keputusan tersebut tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Hal itu disampaikan Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis, di laman rri.co.id dikutip pada Kamis, 22 September 2022.
.
“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” kata Irto Ginting.

Lebih lanjut dia memastikan bahwa produk BBM yang disalurkan penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, sudah sesuai spesifikasi. BBM yang dikeluarkan juga sudah melalui pengawasan kualitas yang ketat.

“Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” ujar Irto.

Baca Juga: Penyaluran BLT BBM ke 17 Juta Keluarga Alami Keterlambatan. Ini Kendalanya

Pertamina mengimbau konsumen melakukan pembelian BBM di penyalur resmi, agar BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya. Masyarakat juga diimbau mengisi BBM sesuai ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X