Remaja 13 Tahun Asal Sumut Raih Juara 2 Hafalan Quran Internasional di Arab Saudi

- Kamis, 22 September 2022 | 21:59 WIB
Hafiz Al-Qur'an asal Langkat, Sumatera Utara, Zahran Auzan
Hafiz Al-Qur'an asal Langkat, Sumatera Utara, Zahran Auzan

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Remaja Indonesia mengukir prestasi gemilang di kompetisi internasional. Zahran Auzan, penghapal Alquran berusial 13 tahun berhasil meraih juara 2 pada Musabaqah Hafalan Al-Qur'an (MHQ) Tingkat Internasional di Arab Saudi. Kontes bertajuk 'King Abdul Aziz Internasional Holy Qur'an Contest' itu berlangsung pada pertengahan September 2022 dan diikuti peserta lebih dari 50 negara.

Hal itu disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis 22 September 2022.

"Alhamdulillah, satu lagi prestasi internasional diraih anak kita. Prestasi ini mengharumkan nama bangsa," ujar Kamaruddin Amin.

Baca Juga: SKB Netralitas ASN Terbit. Songsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Dikutip dari laman kemenag, Zahran Auzan merupakan remaja asal asal Langkat, Sumatera Utara, anak dari pasangan Ismuddin dan Aminatun Zahriah ini.

Prestasi cemerlang Zahran merupakan buah dari proses kerja kerasnya dalam belajar Tilawatil Qur'an sejak usia dini. Dia digembleng oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Di lembaga itulah Auzan mendapat pelatihan dan bimbingan yang memadai.

Saat ini Auzan meski baru berusia 13 tahun sudah hafal Al-Quran dan mampu bersaing dengan peserta lainnya dari berbagai negara.

Sebagai peraih juara 2 di cabang 30 juz, Auzan mendapatkan hadiah uang tunai 185.000 riyal.

Adapun juara 1 yang diraih diraih Achmad Achiri asal Maroko mendapat uang pembinaan 200.000 riyal. Sedangkan juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia mendapat hadiah uang 170.000 riyal.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X