KPK Telah Rampungkan Berkas Tersangka Dugaan Korupsi Helikopter AW 101

- Rabu, 21 September 2022 | 14:10 WIB
Ali Fikri KPK
Ali Fikri KPK

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Berkas tersangka IKS dugaan korupsi pengadaan Helikopter AW-101 sudah dilengkap. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan berkas tersebut ke tim jaksa.

Hal itu disampaikan Plt Juru Biacara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Rabu 21 September 2022.

Menurutnya IKS, yang merupakan Direktur PT Diratama Jaya Mandiri akan segera diadili.

"Tim jaksa, telah menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dari tim penyidik untuk tersangka IKS. Karena kelengkapan isi berkas perkara dari hasil pemeriksaan tim jaksa terpenuhi dan tercukupi," kata Ali.

Baca Juga: Situasi Jayapura Terkini Pasca Aksi Unjuk Rasa Pendukung Lukas Enembe

Lebih jauh Ali menyampaikan bahwa IKS kini ditahan lagi selama 20 hari ke depan sampai 9 Oktober 2022 di Rutan KPK. Penahanan IKS kini menjadi kewenangan jaksa.

Dilansir dari laman rri.co.id, saat ini Jaksa KPK hanya perlu menyusun dakwaan dalam kasus itu dalam waktu 14 hari kerja. Setelah rampung, dakwaan bakal diserahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor).

Diketahui IKS adalah tersangka tunggal dalam kasus korupsi pengadaan Helikopter AW-101 di TNI Angkatan Udara pada 2016-2017. Dalam kasus ini IKS diduga membuat negara merugi Rp224 miliar , dari total kontrak pengadaan mencapai Rp738,9 miliar.

Baca Juga: Satgas IDI: Indonesia Memenuhi Kriteria Menuju Endemi Covid 19

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X