Situasi Jayapura Terkini Pasca Aksi Unjuk Rasa Pendukung Lukas Enembe

- Rabu, 21 September 2022 | 09:55 WIB
Ribuan masyarakat Papua menggelar aksi demonstrasi menolak penetapan tersangka Lukas Enembe ][Foto : papua. Com]
Ribuan masyarakat Papua menggelar aksi demonstrasi menolak penetapan tersangka Lukas Enembe ][Foto : papua. Com]

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jayapura. Penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasn Komisi (KPK) memicu terjadinya protes para pendukunganya. Mereka melakukan aksi unjuk rasa di Kota Jayapura dengan mengatasnamakan ‘Koalisi Rakyat Papua (KRP) Save Luka Enembe’ hari lalu. Kendati demikian situasi Jaayapura dapat dikendalikan aparat gabungan polri dan TNI.

Informasi itu disampaikan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dikutip dari laman PMJ News pada Rabu, 21 September 2022.

Baca Juga: WHO Sebut Pandemi Covid 19 Akan Berakhir. Presiden Jokowi: Indonesia Harus Hati-hati

Menurutnya aksi yang digelar Selasa, 20 September 2022 itu berlangsung aman serta kondusif. Unjuk rasa tersebut mendapat pengamanan langsung dari ratusan aparat gabungan TNI-Polri di Jayapura.

"Sekarang situasi pasca aksi demo di beberapa titik sudah aman dan kondusif. Masyarakat tidak perlu khawatir karena aparat keamanan sudah mengantisipasi dan berjaga di setiap titik-titik berkumpulnya massa," tutur Kamal dalam siaran persnya.

Kamal memastikan aksi demo massa pendukung Gubernur Papua berlangsung aman dan kondusif. Hal itu tergambar selama proses pengawalan polisi atas masyarakat yang menggelar aksi unjuk rasa.

Meski terkendali aparat keamanan melakukan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya melarang massa melakukan long march.

Selain itu, Polresta Jayapura Kota juga sudah memberikan imbauan terhadap penanggung jawab demo agar demo berlangsung tertib.

Baca Juga: DPR Sahkan UU Perlindungan Data Pribadi. Memuat Larangan, Sanksi Hukum, dan Jenis Data

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X